Jumat, 26 November 2010

Situasi Awas Sekitar Bromo

 27/11/2010 06:23
Liputan6.com, Probolinggo: Meski sejak Selasa lalu status Gunung Bromo sudah ditetapkan menjadi awas, hal ini tidak membuat aktivitas warga di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berubah. Salah satunya di Pasar Sukapura yang merupakan pusat dari penjualan sayur mayur.

Marlin, salah seorang pedagang, mengaku tidak takut dengan status awas Bromo dan tetap berdagang seperti biasa di pasar ini. "Di sini biasa-biasa saja, tidak khawatir," kata Marlin, Sabtu (27/11) pagi. Namun, Marlin menambahkan, jika ada peringatan untuk mengungsi, maka ia akan mengungsi.

Sekadar informasi, Pasar Sukapura berjarak 18 kilometer dari Gunung Bromo. Sementara radius aman dari Gunung Bromo hingga kini lebih dari tiga kilometer.(BOG)
26/11/2010 21:29
Liputan6.com, Bromo: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengadakan konferensi pers terkait status Gunung Bromo di Media Center Hotel Bromo Permai, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu besok. BNPB akan menjelaskan situasi terkini dan berbagai hal lain termasuk tindakan antisipasi bencana.

Hingga Jumat (26/11) malam, Gunung Bromo masih berstatus awas. Radius kawasan bahaya pun tetap pada berjarak tiga kilometer. Priyo Catur Widoyono dari korps relawan Indonesia mengatakan Bromo terus menunjukkan aktivitas tinggi dalam beberapa hari terakhir. Letupan minor disertai tremor terjadi hampir setiap waktu, walau masih terbilang normal.

"Jika tremor terjadi di atas 60 kali, maka pusat vulkanologi (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) akan mengambil tindakan," ucap Catur, Jumat malam.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar