Selasa, 03 Mei 2011

KONSEP DASAR MANAJEMEN

KONSEP DASAR MANAJEMEN
Manajemen dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan yang dikerjakan bersama-sama untuk menentukan, mengintegrasi dan mencapai tujuan-tujuan organisasi
Fungsi-fungsi Manajemen

Menurut Henry Fayol, manajer melakukan 5 fungsi manajemen
1. Planning / Perencanaan
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.

2. Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.

3. Staffing
Staffing adalah fungsi manajemen yang berusaha untuk menarik calon karyawan. Untuk mengerjakan fungsi-fungsi manajeme, Penempatan Tenaga Kerja, penem-patan sumberdaya manusia

4. Directing
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.

5. Controlling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.


KONSEP DASAR MANAJEMEN
• Piramida organisasi
Tingkat manajemen menurut Robert N. Anthony ada tiga tingkatan pokok yaitu tingkatan puncak, menengah dan bawah
– TOP (PERENCANAAN STRATEGIS)
– MIDDLE (PENGENDALIAN MANAJEMEN)
– LOW (PENGENDALIAN OPERASIONAL)
Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :
1. Tingkat perencanaan strategis
contoh : Direktur, Presiden Direktur
– Keputusannya berpengaruh ke seluruh organisasi untuk masa kini dan masa datang
– Lebih membutuhkan informasi yg bersifat rangkuman daripada informasi yg detail.

2. Tingkat pengendalian manajemen
contoh : Kepala Divisi, Kepala Cabang
– Manajer pd tingkatan ini melakukan pekerjaan yang bersifat taktis.
– Mereka bertanggung jawab dalam meletakkan perencanaan menjadi pekerjaan nyata, dan memastikan tercapainya tujuan.

3. Tingkat pengendalian operasional
contoh : Mandor, Supervisor, Leader
– Merupakan orang yang bertanggung jawab menjalankan perencanaan yg dibuat oleh manajer tingkat diatasnya.
– Pada tingkat inilah operasional perusahaan ditangani.
– Lebih membutuhkan informasi yg detail


Kegiatan Manajemen
1. Perencanaan strategis
Proses evaluasi lingkungan organisasi, penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi-strategi

2. Pengendalian manajemen
Proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang telah ditetapkan

3. Pengendalian operasional
Proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien


Kegiatan-kegiatan Manajemen
A. Top Management
1. Perencanaan jangka panjang & jangka pendek
2. Perumusan kebijakan
3. Kaji ulang menyeluruh dan evaluasi
4. Penyelesaian masalah kritis
5. Kegiatan-kegiatan rapat & kepemimpinan

B. Low Management
1. Pengawasan langsung
2. Kaji ulang terperinci dari operasi
3. Pengawasan operasional
4. Penanganan masalah-masalah personil

Sumber Daya Manajemen terdiri dari 6M
1. Men (manusia)
2. Money (Uang)
3. Material (bahan-bahan)
4. Machines (mesin)
5. Method (metode)
6. Market (pemasaran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar